Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bersih Kampung Dan Ruwat Bumi Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Masyarakat Kampung Kota Batu

Sabtu, 27 Juli 2024 | 04:21 WIB | Views Last Updated 2024-07-26T21:43:45Z
OkeStore Theme

SLTV.CO.ID, Lampung Tengah - Masyarakat Kampung Kota Batu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah Sangat antusias sekali dengan diadakannya Acara Bersih Kampung dan Ruwat Bumi yang dilaksanakan di halaman Kantor Balai Kampung Kota Batu pada Kamis, 25 Juli 2024.


Tradisi bersih Kampung dan Ruwat Bumi merupakan adat budaya yang turun temurun dan hingga sekarang ini masih dipercayai oleh sebagian besar Masyarakat karena berhubungan langsung dengan keselamatan dan kemakmuran orang banyak. Disisi lain juga untuk menjaga dan mempertahankan adat istiadat yang telah diwariskan secara turun temurun oleh leluhur terdahulu. Hal ini disampaikan oleh bapak Kepala Kampung Kota Batu Bapak Sakino saat diwawancarai oleh jurnalis suara Lampung TV.



Rangkaian kegiatan acara peringatan tahun Baru Islam 1446 Hijriyah dan bersih kampung serta ruwat bumi, sebelumnya adalah doa bersama dan kegiatan seni riligi berupa sholawatan dari organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Kota Batu ranting Pubian Cabang Lampung Tengah pusat Madiun.


Ruwat Bumi kali ini dilakukan oleh Ki Dalang Guno Suwardi dari Kampung Sendang Asih Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Malam harinya dilanjutkan hiburan wayang kulit semalam suntuk dengan mengambil Lakon Gatot Kaca diwisuda.


Dari Biro Lampung Tengah Titus melaporkan.