Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pagelaran Wayang Kulit Kampung Sriwaylangsep Adakan Acara Bersih Kampung Dan Sedekah Bumi

Sabtu, 13 Juli 2024 | 10:06 WIB | Views Last Updated 2024-07-13T03:08:23Z
OkeStore Theme


SLTV.CO.ID, Lampung Tengah - Bersih Kampung merupakan kearifan lokal yang menjadi tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Kegiatan bersih Kampung sampai saat ini masih banyak dilakukan, seperti masyarakat Kampung Sriwaylangsep Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah yang mengadakan ritual bersih Kampung dan sedekah bumi bertempat dihalaman Balai Kampung Sriwaylangsep pada Kamis 11 Juli 2024. Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Muryanto dari kampung Sridadi Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah dengan lakon Semar Mbangun Jiwo.


Kepala Kampung Sriwaylangsep Bapak Sulaiman dalam sambutanya mengatakan wayang kulit selain menjadi tontonan juga menjadi tuntunan, Bersih kampung merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam dan juga sebagai sarana kirim doa untuk para leluhur yang terdahulu. Bersih kampung dapat di definisikan juga sebagai wujud rasa syukur warga atas Kampungnya yang di berikan keberkahan oleh Tuhan baik hasil bumi, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.


Hadir dalam acara tersebut Camat Kalirejo Bapak Johanes Chanzen, SE., Danramil Kalirejo yang diwakili Bapak Titus Triyono, Kapolsek Kalirejo yang diwakili oleh Bapak Kusdiyono, Kakam Sridadi Suroso Adi dan ketua APDESI Kecamatan Kalirejo Buyung Supono. Dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan untuk membangun kampung Sriwaylangsep menjadi kampung yang Gemah Ripah loh Jinawi.


Dari Biro Lampung Tengah Titus melaporkan.